Skip to main content

Mengenal Kibaran Bendera F1 Saat Balapan

Mengenal Bendera F1 Saat Balapan - Dalam balapan ada beberapa tanda yang perlu diketahui dan salah satunya adalah bendera, untuk mengetahui itu, yuk sama-sama kita mengenal seperti apa jika kibaran bendera saat perlombaan itu menandakan apa.

Bendera Merah

Jika berkibar berarti lomba dihentikan sebelum saatnya, dan para pembalap harus kembali ke pit menunggu instruksi selanjutnya. Bendera merah dikibaskan untuk salah satu alasan berikut ini: entah ada kecelakaan yang menyebabkan jalanan tertutup sama sekali, atau trek dinilai tidak cukup aman bagi para pembalap, atau karena situasi darurat misalnya terjadi kematian salah satu pembalap di atas trek.

Kalau Anda ingat pada musim 2009, bendera merah ini dikibaskan di GP Malaysia yang dihentikan akibat hujan deras dan trek yang licin. Jika balapan belum lagi mencapai 75% maka lomba seharusnya dilanjutkan. Tapi dalam kasus Malaysia, sesudah 2 jam hujan tak kunjung berhenti sehingga lomba dianggap usai. Itulah mengapa setiap pembalap harus mengenal bendera F1 saat balapan.

Para pemenang ditetapkan berdasarkan urutan terakhir sebelum bendera dikibaskan. Karena lomba belum mencapai 75% maka poin hanya dianugerahkan setengah dari seharusnya. Sepanjang sejarah F1, ini hanya merupakan kelima kalinya pembalap beroleh poin setengah dari kondisi normal.

Bendera Hitam dan Oranye

Untuk mengenal bendera F1 saat balapan jenis ini biasanya ditemani papan berisi nomor mobil, memberi kabar kepada pembalap bersangkutan bahwa steward percaya mobilnya mengalami masalah mekanikal yang membahayakan dia dan pembalap lainnya, dan bahwa ia harus segera kembali ke pit.

Bendera Putih

Bendera putih berarti ada kendaraan lambat berjalan di atas trek di depan, entah ambulans, truk derek, atau bahkan Safety Car. Semua peserta diharapkan hati-hati dan bersiap melambatkan kendaraan.

Bendera bergaris Merah dan Orange

Memperingatkan perihal jalanan licin di depan, entah akibat ceceran oli, sisa bensin pembalap lain, atau air hujan. Jika Anda tak mengenal bendera F1 saat balapan Anda bisa mengalami kecelakaan tentunya.

[>> Baca Juga : Update Pertandingan F1 <<]

Bendera Hijau

Dikibaskan sesudah sebuah periode bendera kuning dengan makna bahwa peringatan terakhir bendera kuning sudah diakhiri, jalanan sudah bersih, dan balapan bisa dilanjutkan kembali secara normal.

Bendera Biru

Mengenal bendera F1 saat balapan ini juga simbol populer. Dikibaskan kepada pembalap dengan pesan agar minggir, memberi jalan kepada mobil lain yang lebih kencang. Biasanya ditujukan pada backmarkers yang di-overlap pimpinan lomba, sampai selisih 1 lap. Sebuah lampu dengan warna biru juga dipasang di ujung pit lane dengan maksud agar mereka yang keluar dari pit memberi jalan kepada pembalap di lintasan utama yang melaju lebih kencang.

Bendera Kuning

Jika satu bendera kuning dikibaskan berkali-kali berarti ada masalah di atas trek di depan, entah kecelakaan, atau mogok. Tapi jika mobil yang mengalami masalah berada di pinggir dan dinilai tidak mengganggu jalannya lomba maka bendera hanya diacungkan tanpa dikibaskan. Sebaliknya, jika jalanan sama sekali tertutup maka 2 bendera kuning akan dikibarkan sekaligus oleh steward. Semuanya memberi peringatan kepada pembalap untuk memperlambat mobil segera, dan menjaga posisinya karena menyalip selama siaga kuning adalah dilarang dan akan dikenakan sanksi. Jika dibarengi tulisan SC maka itu berarti mobil Safety Car diturunkan dan semua harus berjalan berurutan di belakang Safety Car.

Bendera Kotak-kotak

Nyaris seluruh fans F1 dan olahraga balap mengenal bendera F1 saat balapan yakni checkered flag ini. Simbol ini dikibaskan saat balapan atau sesi latihan berakhir, dan ditujukan kepada pemenang lomba. Bendera ini akan terus dipegang secara statis kepada mereka yang finish di nomor dua dan seterusnya. Bendera ini juga perlambang kepada seluruh peserta lomba untuk kembali ke pits atau paddock.

Bendera Hitam

Kalau boleh sih tak ada pembalap yang ingin melihat bendera hitam dikibarkan terhadapnya, karena maknanya memang sangat menyakitkan. Mereka yang dikibasi bendera ini harus segera kembali ke pit karena kena hukuman atau didiskualifikasi akibat melanggar aturan lomba. Biasanya bendera hitam ditemani sebuah papan bertuliskan nomor mobil. Pembalap dimaksud diberi waktu selama 3 lap untuk mematuhi perintah.

[>> Lihat Juga : Hasil Balap F1 Terbaru <<]

Comments

Popular posts from this blog

Ini Sanksi Pebalap Suzuki Ecstar Untuk 2017

gara-gara-vinales-suzuki-terancam-hukuman-di-motogp-2017 Pebalap Suzuki Ecstar - Maverick Vinales, membuat pabrikan tersebut terancam mendapatkan 'hukuman' pada musim depan. Hukuman yang akan diterima Suzuki yakni kehilangan akses hak konsesi teknis pada MotoGP 2017. Saat ini, Suzuki baru mengeloksi enam poin nilai konsesi yang semuanya diperoleh oleh Vinales, yang pada musim depan pindah ke Yamaha. Hak konsesi sendiri merupakan merupakan kemudahan yang diberikan ke tim pabrikan yang baru bergabug dalam MotoGP. Dalam aturan teknis MotoGP, perkembangan semua tim akan dipantau sepanjang musim, poin konsesi diberikan sesuai dengan podium yang didapatkan pebalapnya. Pembagian angka tersebut yakni tiga angka untuk peringkat pertama, dua angka untuk peringkat kedua dan satu angka untuk peringkat ketiga. Jika poin konsesi sudah melewati enam, maka semua konsesi yang didapatkan tim dihilangkan pada musim depan. Ini yang terjadi pada pebalap Suzuki Ecstar. Poin konsesi yang d

Hamilton Juara GP F1 Meksiko 2016

Juara GP F1 Meksiko 2016 - Kemenangan Lewis Hamilton pada balapan Grand Prix Meksiko akhir pekan lalu ternyata mampu menyamai rekor legenda pebalap F1 Alain Prost. Keduanya berhasil menang dalam 51 balapan, hanya saja Hamilton adalah pebalap F1 mas kini dengan gaya dan teknologi terkini dari F1. Yang menarik adalah Hamilton lebih sedikit jumlah balapannya yakni 186 seri balapan untuk menang sebanyak 51 kali. Sementara pendahulunya yakni Alain Marie Pascal Prost memiliki jumlah seri pertandingan 199 seri balap. Meski begitu, ada pebalap f1 yang mampu mengalahkan rekor keduanya termasuk Hamiltomn yang menjadi juara GP F1 Meksiko 2016 kemarin, dia adalah pebalap yang paling fenomenal yakni Michael Schumacher dengan jumlah kemenangan 91 kali dan mampu meraih tujuh kali juara dunia balap F1. [>> lihat lagi : F1 Indonesia <<] "Rasanya sangat sulit dipercaya sekarang ini," papar Hamilton. Menurut dia, pencapaian yang dirai sangat luar biasa karena menyamai

Mobil F1 Williams Ini Punya Cerita Tersendiri

Mobil F1 Williams - Pada musim F1 2017 nanti sepertinya menjadi tahun istimewa bagi tim Williams karena di tahun tersebut kendaraan yang digunakan telah masuk di usia yang ke 40. BUkan berarti Williams mengunakan mesin itu-itu saja hingga 40 tahun tetapi nama pabrikan yang telah digunakan hingga saat ini oleh tim Williams masih sama yakni menggunakan mobil FW, kemudian tahun keikutsertaan membalap serta pengembangan teknologi mobil, dan kini nama kendaraan itu adalah FW40. Di tahu 1997 Williams telah memulai kiprahnya dalam balap F1, dan Spanyol merupakan tempat awal bertarng dengan mobil March 761 milik Patrick Neve. Tak sampai disitu saja, tahun berikutnya, Williams juga mengembangkan jet darat baru dengan nama FW06. Nah, setiap ada pengembangan maka Williams memberikan nama angka baru di belakang. Sejatinya musim ini mobil F1 Williams menggunakan sasis dengan kode FW38. Ternyata pengebangan dari konstruktor beberapa waktu terahulu dianggap sanat bak dan masih digunakan hingg